Jumat, 18 Januari 2013

Menempatkan Subyek Dalam Foto

Komposisi Fotografi - Tulisan pendek kali ini masih berhubungan erat dengan artikel beberapa minggu lalu tentang Rule of Thirds, dan penempatan subyek foto di satu sisi frame foto guna mendapatkan keseimbangan komposisi. Pertanyaan yang mungkin muncul di benak para fotografer pemula adalah:
Dimana seharusnya Saya menempatkan subyek foto dalam gambar agar tampak bagus? di sisi sebelah kiri atau kanan?
 

Jawaban terbaik bagi pertanyaan diatas adalah "Tidak ada masalah dengan penempatan di sisi sebelah kiri ataupun kanan", tetapi ada satu hal yang bisa dijadikan pertimbangan ketika melakukan komposisi. Aturan pakemnya adalah jika seseorang (bisa juga hewan) yang Sobat potret melihat atau bahkan menoleh ke satu arah, maka tempatkan subyek di sisi bersebrangan dengan arah yang mereka tunjuk.

Gambar dalam artikel ini, Kami harap bisa mengilustrasikan bagaimana menempatkan subyek saat memotret dengan kondisi diatas. Kepala dari subyek dalam foto tersebut mengarah ke satu arah ke kiri atau kanan, dan fotografer yang memotretnya memberikan ruang kosong (space) di sisi dimana mereka melihat atau menoleh. Alasannya untuk ini adalah, ketika penikmat melihat sebuah hasil jepretan yang menggambarkan seseorang sedang melihat ke satu arah, maka mata penikmat foto juga akan terbawa ke arah tersebut.

Aturan dalam fotografi tentunya juga bisa dilanggar bukan? dan tentu jika dilakukan dengan pertimbangan yang tepat akan menghasilkan foto yang menarik. Aturan tersebut secara estetika mungkin tidak selamanya akan berlaku. Melanggar aturan tersebut bisa meninggalkan sedikit misteri dan keingintahuan penikmat foto terhadap cerita yang tersirat, dan tentunya perasaan tersebut bisa menguatkan reaksi terhadap foto kalian bukan?

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail