Selasa, 15 Januari 2013

Keseimbangan Dalam Fotografi

Komposisi Fotografi - Salah satu 'aturan' atau prinsip dalam komposisi fotografi yang jarang sekali dibicarakan adalah Keseimbangan Komposisi. Mungkin memang dikarenakan topik ini sedikit sulit untuk dijabarkan lebih spesifik. 
Square VIII - /ï

Keseimbangan komposisi tidak seperti Rule of Thirds dimana Sobat bisa mengidentifikasikan titik kunci dari sebuah foto hanya dengan membayangkan garis-garis didalamnya. Keseimbangan atau Balance merupakan salah satu faktor komposisi yang layak untuk dipertimbangkan ketika memotret.
Cara efektif ketika memulai mempelajar keseimbangan dalam komposisi adalah dengan melihat foto-foto yang tidak kita miliki, hampir dari kita semua selalu memotret dengan satu Point of Interest di salah satu sisi frame foto dan "kekosongan" di area lainnya (Rule of Thirds).
Keseimbangan juga tidak mengenai simetri, gambar tidak selalu harus sama di setiap sisinya, tetapi terkadang  sebuah gambar bisa lebih bagus dengan memiliki Point of Interest kedua guna memberikan keseimbangan pada Focal Point utama. Mendapatkan keseimbangan dalam sebuah foto adalah sebuah hal yang harus dipelajari oleh seorang fotografer. Cara terbaik adalah dengan melihat kembali foto-foto kalian, cari diantara mereka yang memiliki keseimbangan menurut kalian. 
Setiap situasi dan kondisi tentu akan berbeda, dan untuk mendapatkan keseimbangan dalam foto kalian bisa dicapai dengan beragam teknik seperti:

  • Cropping (menggunakan perangkat lunak editing gambar)
  • Merubah Point of View (memotret dari atas atau bawah)
  • Zooming (menggunakan cropping ketat atau wide-angle)
  • Memindahkan elemen2 subyek atau benda yang akan kita potret.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail