Jumat, 18 Januari 2013

Akibat Camera Shake atau Salah Fokus?


Tips Fotografi - Beberapa waktu yang lalu salah satu Sobat InFotografi mengajukan pertanyaan tentang kenapa foto yang dihasilkan terkadang tidak fokus atau blur, apakah ada masalah dengan fokus pada kamera atau dia salah secara teknis. Pertanyaan yang sangat bagus sekali menurut kami, dan mungkin tanpa melihat hasil jepretan akan terasa sulit menentukan apakah hasil foto tersebut diakibatkan oleh camera shake (goncangan kamera) atau salah fokus. Berikut ini kami jabarkan beberapa tips untuk menganalisa hasil foto kalian berkaitan judul artikel ini diatas:

Camera Shake

Setidaknya ada Tiga parameter yang harus dilihat sebelum menentukan apakah blur dalam foto tersebut diakibatkan oleh camera shake, antara lain:

Blur yang merata - Jika Sobat mendapati hasil foto dari camera shake, maka semua yang ada di dalam foto pada kondisi blur termasuk subyek utama foto, background, foreground. Lihatlah foto tersebut lebih dekat, dan bisa dipastikan tidak ada satupun elemen didalam foto yang terasa tajam
Foto double - Indikasi lain yang terlihat pada hasil foto yang diakibatkan camera shake adalah seperti adanya efek double exposure pada foto yang sama. Perhatikan dengan seksama di tepian obyek, kemungkinan besar Sobat akan melihatnya ada dua.
Motion Blur - Camera shake terjadi ketika kamera kalian bergerak pada saat memotret, dan hasilnya Sobat akan melihat 'blur' yang mirip dengan subyek yang bergerak, meskipun pada obyek foto yang diam. perhatikan apakah ada garis lampu atau cahaya pada saat menganalisa foto tersebut.
Sobat pernah mendapati foto blur yang seperti foto diatas? Mungkin untuk menghindarinya kalian bisa mengikuti sedikit tips kami yang lalu:

Salah Fokus 

Blur yang diakibatkan oleh salah fokus atau misfokus berbeda dari kondisi yang dihasilkan oleh camera shake. kalian masih bisa menemukan satu bagian foto yang tajam atau terfokus. 

Lihat keseluruhan gambar dan kalian akan menemukan satu bagian baik itu di bagian foreground atau background yang terlihat bagus, meskipun bukan bagian itu yang ingin kalian fokuskan pada saat memotret. Blur pada masalah misfokus biasanya lebih lembut, dan tidak seperti pada hasil camera shake yang cenderung bergerigi dan kasar.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail