Rabu, 23 Januari 2013

Bagaimana Memulai Fotografi Hitam-Putih


Fotografi Pemula - Apakah Sobat pernah menyadari bagaimana beberapa foto hitam-putih terasa begitu menakjubkan? dan kemudian Anda ingin mencoba menciptakan foto yang serupa dan hasilnya tidak memuaskan? Memang ada beberapa parameter yang ingin kami sampaikan k tentang fotografi hitam-putih menggunakan kamera digital. Hal pertama yang mutlak diperlukan dalam menciptakan foto hitam-putih adalah bahwa untuk bisa membuat sebuah foto hitam-putih yang bagus kalian harus mendapatkan tekstur. Tekstur, atau apa saja yang tampak seperti itu dan bisa ditonjolkan melalui warna hitam dan putih.

bw_twistmetal4518

Tekstur-tekstur tertentu, semisal tekstur alami akan tampak lebih bagus dengan warna hitam dan putih. Hitam dan putih adalah tentang menangkap nuansa dramatis, jadi jika subyek kalian memiliki tekstur yang dramatis secara alami, maka sobat sudah melalui langkah pertama dalam menciptakan foto hitam-putih. Contoh tekstur yang tampak bagus dalam balutan hitam dan putih adalah serat kayu, pecahan logam, pola yang berulang di alam bebas seperti air atau spiral dirasa tampak bagus untuk foto hitam-putih.
Melalui warna hitam dan putih, cobalah untuk tetap menyertakan unsur simetris dalam tekstur kalian. Hal ini lebih mudah untuk membuat foto hitam-putih ketika kalian memiliki simetris karena foto tersebut tentunya akan kehilangan unsur warna. tekstur yang simetris dalam warna hitam dan putih akan terasa begitu indah dan selalu menawarkan view yang tidak dapat ditangkap oleh mata secara awam
 
Greyscale bukannya tidak memiliki warna, atau semua yang diambil dalam nuansa abu-abu. Sobat harus memahami konsep greyscale terlebih dahulu sebelum memahami dan menguasai fotografi hitam-putih. Greyscale merupakan spektrum warna hitam, banyak abu-abu dan putih, seperti warna pelangi tetapi bedanya ini dalam serangkaian warna hitam dan putih serta tone abu-abu. Coba Sobat melihat koleksi foto hitam-putih, tentunya tidak hanya melulu warna hitam dan putih kan? Sebenarnya banyak nuansa serta kedalaman warna abu-abu yang berbeda. Jadi ketika Kita berbicara tentang greyscale, ini berarti adalah cara kita mengukur kedalaman tone abu-abu. Hitam dan putih tentunya termasuk dalam greyscale (skala abu-abu).
Ini akan terdengar sedikit aneh, tetapi ketika menemukan apa yang terlihat bagus dalam hitam-putih, Anda bisa memulainya dengan warna kontras yang tinggi pada setiap subyek yang ada di dekat Anda. Warna mencolok seperti merah, ungu, kuning bisa menjadi bahan uji coba awal yang bagus. Dengan menggunakan warna-warna tajam seperti itu, kamera kalian akan menafsirkannya secara berbeda. Kami saat ini tidak ingin menggambarkan secara teknis dalam artikel ini, kami ingin Sobat mencoba dan bereksperimen terhadap warna-warna tersebut. Jika Sobat tidak bisa menemukan warna-warna diatas di sekitar rumah, maka cobalah ke taman bunga terdekat dan potretlah beberapa bunga yang memiliki warna tersebut.
Jadi yang perlu di pahami dan dimengerti adalah foto hitam-putih sebenarnya bukanlah tanpa warna. disitu ada warna, bahkan lebih. Tujuan dari foto hitam-putih sekarang (bukan pada saat era kamera film dimana orang tidak memiliki pilihan) adalah menciptakan nuansa abadi dan tidak lekang oleh waktu, dan dengan prespektif yang tepat tentunya akan bisa menyampaikan pesan serta cerita.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail