Selasa, 20 Maret 2012

Inilah Penyebab Cuaca Ekstrem Pekan Depan

Posted by wahw33d Selasa, 10 Mei 2011 0 komentar

Dalam tiga hari ini, cuaca di Indonesia cukup ekstrem hampir melanda di seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, cuaca di Medan mencapai 36,3 derajat celcius.

Menurut Hartanto, Kasi Data dan Informasi BMKG Polonia Medan, cuaca ekstrim tersebut disebabkan oleh pergerakan suhu matahari yang berada di belahan bumi utara, sehingga pemanasan yang terjadi sangat efektif.


“Apalagi kondisi ini diperparah dengan hembusan angin pada lapisan atas yang mempunyai kecenderungan pola menyebar sehingga pembentukan awan menjadi sangat sulit dan sinar matahari langsung memanggang bumi,” jelasnya, Selasa (10/05) ini.

Berdasarkan analisa dari BMKG Medan tersebut, cuaca ekstrem ini akan berlangsung hingga satu pekan mendatang dengan suhu kisaran di atas 35 derakat celcius. Ia menambahkan, cuaca panas ini merupakan siklus tahunan. Namun, suhu yang mencapai 36,3 derajat Celcius telah bergeser. “Karena biasanya suhu maksimun berkisar 34,1 hingga 35,8 derajar Celcius,” terangnya.

Sementara United Nations World Meteorological Organization (UNWMO), lembaga khusus PBB yang bertugas untuk memantau cuaca dan iklim melaporkan, pada pekan ini, suhu terpanas di Bumi sempat mencapai 46 derajat Celcius. Adapun suhu terdingin mencapai minus 69,1 derajat.

Sebagai informasi, UNWMO, yang membuat standarisasi untuk pemantauan cuaca dan menyediakan jaringan telekomunikasi global untuk distribusi data, mengumpulkan data lebih dari 10 ribu stasiun pengamat cuaca di seluruh dunia.

Dikutip dari Earth Week, kemarin, temperatur tertinggi pekan ini yang mencapai 114,8 derajat Fahrenheit atau 46 derajat Celcius terjadi di Birni-N’Konni, Nigeria. Adapun suhu terdingin, yakni mencapai minus 92,4 derajat Fahrenheit atau minus 69,1 derajat Celcius, terjadi di Amundsen-Scott, stasiun pemantau di Kutub Selatan.

Meski suhu di kedua tempat tersebut tercatat cukup ekstrem, suhu terpanas dan terdingin tersebut belum memecahkan rekor temperatur tertinggi dan terendah sebelumnya.

Menurut data yang dirilis oleh World Meteorological Organization dan dirangkum oleh Arizona State University, suhu terpanas yang pernah terjadi di Bumi adalah pada 13 September 1922 di El Azizia, Libya. Ketika itu suhu di kawasan yang berada pada ketinggain 112 meter di atas permukaan laut itu tercatat mencapai 136 derajat fahrenheit atau 57,8 derajat celcius.

Suhu terdingin yang pernah melanda kawasan di Bumi sendiri terjadi pada 21 Juli 1983 di kawasan Vostok, Antartika. Suhu kawasan yang berada di ketinggian 3420 meter di atas permukaan laut itu sempat mencapai minus 128,5 derajat Fahrenheit atau minus 89,2 derajat Celcius.

http://www.infogue.com/viewstory/2011/05/10/inilah_penyebab_cuaca_ekstrem_hingga_pekan_depan/?url=http://kampungtki.com/baca/29497

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail