Jumat, 30 Maret 2012

Fosil Tertua Di Dunia

Photobucket






Fosil merupakan sisa-sisa bagian dari makhluk hidup yang masih tersisa atau tidak hancur karena proses alam. Fosil biasanya berumur lebih dari 1juta tahun yang lalu. Telah banyak fosil yang ditemukan di dunia ini. Semua fosil-fosil tersebut ditemukan di berbagai macam daerah. Di daerah Oklahoma peneliti menemukan fosil yan diyakini oleh para ilmuwan bahwa fosil tersebut adalah fosil tertua di dunia.

Fosil tertua di dunia ini diperkirakan berasal dari 360 juta tahun silam dan kondisinya terawat baik. Profesor Rodney Feldmann dan Carrie Schweitzer dari Jurusan Geologi Kent State University mengatakan fosil udang ini memiliki panjang 3 inci. Paleontolog Royal Mapes dari Ohio University bersama mahasiswanya adalah yang menemukan fosil ini. Feldmann dan Schweitzer menamakan fosil tersebut dengan nama belakang Royal Mapes, Aciculopoda Mapesi.

Temuan ini merupakan salah satu dari dua dekapoda (hewan berkaki sepuluh seperti udang, kepiting dan lobster) tertua yang pernah ditemukan. Dekapoda serupa lainnya, Palaeopalaemon Newberryi ditemukan di Ohio dan Iowa.

Udang dari Oklahoma ini merupakan dekapoda tertua di bumi, jelas Feldmann. Sebelumnya, udang tertua terkenal berasal dari Madagascar, namun udang ini ternyata lebih muda (245 juta tahun) dan membuat udang dari Oklahoma 125 tahun lebih tua.

Tak hanya merupakan fosil tertua tetapi fosil tertua yang ditemukan di oklahoma ini sangat menakjubkan dan terawat dengan baik. Hal ini jarang ditemukan pada fosil-fosil.

Apa mungkin ya mereka semua setiap hari merawat fosil-fosil tersebut sehingga tampak menarik???







Photobucket
Fosil tampak seperti udang. Apakah fosil tersebut merupakan fosil udang purba???

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail