Rabu, 21 Maret 2012

Hati Hati Bila Berat Badan Turun Terus


Apakah berat badan Anda terus mengalami penurunan, tetapi nafsu makan Anda tetap normal? Hati-hati, bisa jadi ini merupakan gejala awal datangnya diabetes.

Itu mungkin terdengar menakutkan. Untuk memastikannya, cobalah cek gula darah Anda ke dokter. Mungkin saja tanpa sadar, kadar gula darah Anda tinggi. Karena, sepertiga dari penderita diabetes tidak menyadarinya. Jika demikian, Anda bisa kehilangan kesempatan untuk mengontrol dan mengurangi risiko komplikasi.

Seperti tekanan darah, kadar gula darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Karena itu, dokter biasanya merekomendasikan pasien untuk check-up kesehatan setiap 3 tahun. Chek-up dimulai pada usia 45 tahun dan mungkin harus lebih sering jika Anda memiliki salah satu faktor risiko diabetes.

Anda pun perlu tahu faktor risiko yang bisa memicu diabetes, seperti dikutip dari laman Shine:

Gaya hidup tak sehat

Duduk sepanjang hari, di dalam mobil, di sofa, di kursi kerja, akan meningkatkan risiko diabetes. Kecuali, Anda rutin melakukan olahraga pada malam hari.

Ada riwayat keluarga diabetes

Jika Anda memiliki saudara atau orang tua dengan diabetes, Anda lebih mungkin untuk menderita diabetes juga.

Latar belakang etnis tertentu

Afrika Amerika, Alaska Pribumi, Indian Amerika, Hispanik / Latin, Kepulauan Pasifik, dan Amerika Asia lebih rentan terhadap diabetes dibandingkan kelompok etnis lain.

Memiliki masalah-masalah kesehatan

Anda berada di risiko tambahan diabetes jika tekanan darah anda 140/90 atau lebih tinggi, memiliki masalah kolesterol, LDL tinggi, memiliki penyakit jantung, dan memiliki gula darah tinggi.

Memiliki gejala diabetes

Jika Anda memiliki keluhan mengalami peningkatan volume buang air kecil, lapar, haus, kelelahan, tiba-tiba kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, segera jadwalkan tes gula darah. Ini bisa menjadi gejala bahwa Anda telah menderita diabetes.

Lakukan cek gula darah

Inilah angka tes glukosa darah puasa, jenis umum periksa gula darah:

- Normal: gula darah di bawah 100 mg / dL

- Pradiabetes: gula darah antara 100 dan 125

- Diabetes: gula darah 126 atau lebih tinggi

Jika Anda tes, hasilnya positif pradiabetes, Anda perlu hati-hati. Anda belum mengalami diabetes, namun berisiko mengalaminya. Ini adalah kesempatan untuk segera mengendalikan gula darah Anda untuk menghindari terjadinya diabetes tipe 2.

Jika hasil tes menunjukkan diabetes tipe 2, Anda pun harus lebih waspada. Lakukan diet sehat serta olahraga dan konsumsi obat-obatan yang dapat membantu Anda mengelola kondisi dan menghindari komplikasi.

http://www.infogue.com/viewstory/2011/04/27/hati_hati_bila_berat_badan_turun_terus/?url=http://potretkesehatan.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail