Selasa, 20 Maret 2012

Ciri Ciri Wanita Hamil

Kehamilan merupakan saat-saat yang paling ditunggu oleh pasangan yang baru membangun bahtera kehidupan baru/menikah.Bagi mereka kehamilan bisa menjadi suatu kebanggan tersendiri kepada pasangannya bahwa dia berarti bisa menjadi seorang yang bisa membahagiakan pasangannya secara penuh.Tak jarang pula pasangan yang sudah lama menikah namun belum kunjung dikaruniai seorang anak,hal ini bisa disebabkan karena kelainan seksual,dalam artian organ-organ reproduksi tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya,semoga kita tak akan mengalami itu.Nah,bagaimana ciri-ciri wanita hamil?
1. Payudara bengkak dan lembut


Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mereka mempersiapkan diri untuk menghasilkan susu. Payudara pun bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Namun perlu dicatat, menurut ahli laktasi, Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama
jika mereka telah menggunakan pil KB.
2. Areola lebih gelap

Untuk banyak wanita, perubahan hormon bisa menyebabkan pada perubahan pada areola (lingkaran sekitar puting). Areola akan menjadi lebih lebar dan berwarna lebih gelap pada wanita hamil. Ini adalah tanda kalau payudara tengah mempersiapkan diri untuk menyusui.
3. Spotting/Bercak

Biasanya 5-10 hari setelah pembuahan, pada beberapa wanita akan timbul bercak darah seperti ketika haid. Bercak darah ini bukan berarti sesuatu yang buruk, karena hal itu bisa saja efek akibat menempelnya embrio di dinding rahim.
4. Buang Air Kecil Semakin Sering & Konstipasi

Saat Anda hamil, janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Bukan hanya buang air kecil, wanita hamil ada juga yang mengalami konstipasi atau sembelit. Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon tersebut selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.
5. Mudah Lelah

Di awal kehamilan, Anda akan merasa mudah lelah. Rasanya Anda ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru.
6. Mual

Mual adalah gejala kehamilan yang paling umum. Rasa mual itu terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring Anda memasuki trimester kedua kehamilan.
7. Sensitif Pada Bau

Sama seperti mual, gejalan sensitif pada bau ini juga salah satu tanda umum dalam kehamilan. Sejumlah peneliti menduga, gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya.
8. Terlambat Haid

Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas adalah terlambat datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal.
9. Sakit Kepala

Wanita hamil kerap merasakan pusing dan sakit kepala. Dua hal tersebut terjadi bisa karena beberapa sebab seperti kelelahan, mual, lapar dan rendahanya tekanan darah. Namun tidak semua wanita hamil merasakan keluhan tersebut. Malah ada yang merasa sakit kepala dan pusing jauh berkurang selama hamil.

Tanda-tanda kehamilan yang sudah dijelaskan di atas, terjadi berbeda-beda pada setiap wanita karena karakteristik dari wanita itu sendiri berbeda-beda.Lebih baik anda konsultasikan kepada dokter kandungan anda jika anda ragu mengenai keberadaan kandungan anda.

http://linggars.com/ciri-ciri-wanita-hamil.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail