Selasa, 13 Maret 2012

Cara bermain dengan bayi yang baru lahir

Jakarta, Anak yang baru lahir biasanya belum bisa memegang atau mengucapkan apa-apa, sehingga orangtua atau pengasuh bingung bagaimana cara bermain dengannya. Untuk itu ketahui bagaimana cara bermain dengan si kecil yang baru lahir.

Bayi yang baru lahir bisa merasa bosan dan kesepian jika tidak ada orang yang berinteraksi dengannya ketika sedang terjaga. Kondisi ini bisa membuat bayi merasa stres yang nantinya berpengaruh terhadap perkembangan otaknya.

"Salah satu cara mudah untuk bermain dengannya bayi yang baru lahir adalah dengan memeluk, tersenyum dan berbicara dengannya," ujar psikolog anak Penelope Leach, seperti dikutip dariBabycenter, Selasa (22/11/2011).

Selain itu Leach menuturkan cara lain yang bisa dilakukan adalah membawa bayi ikut bermain bersama atau ketika sedang menonton televisi saat ia terjaga, tapi sebaiknya hindari obrolan cepat sehingga tidak membuat bayi menjadi stres.

Memberikan tali gendongan yang nyaman untuk mendukung kepala bayi dengan baik, lalu berikan sudut pandang yang sempurna ketika bayi tengah terbangun. Irama gerakan saat berjalan dan pemandangan yang dilihat bisa menjadi hal yang menarik bagi bayi.

Hal ini juga membuat ibu tetap bisa dekat dengan bayi meski sedang mengerjakan pekerjaan lain di sekitar rumah, belanja bahan makanan atau tugas lainnya. Jika ia sudah bisa menegakkan kepalanya sendiri, maka gendonglah ia menghadap keluar sehingga bisa lebih mudah melihat segala hal di sekelilingnya.

Bisa juga dengan memindahkan tempat tidurnya ke ruang keluarga disaat ia terjaga, sehingga ia tidak merasa kesepian dan bisa melihat orang-orang disekitarnya dan mendengar suara.

Meskipun bayi yang baru lahir masih terpaku dengan pola hitam putih dan belum mengerti bentuk serta warna, tetaplah memberikan ia berbagai pemandangan yang menarik seperti mainan yang digantung di atas tempat tidurnya atau boks bayi yang berwarna, serta sering-seringlah berbicara atau mengajaknya bernyanyi.

(ver/ir) 

sumber:detikhealth.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail