Kamis, 15 Maret 2012

Bau Mulut Lenyap dengan Ekstrak Kopi

Bagi Anda pecinta makanan jengkol atau petai, mungkin ada baiknya minum kopi setelah mengonsumsi makanan pembuat nafas bau tersebut. Para peneliti telah membuktikan bahwa ekstrak kopi dapat menghilangkan bau mulut.

Biasanya setelah minum kopi, mulut akan terasa agak sepat dan memiliki bau yang khas. Tapi ternyata ekstrak kopi yang diteliti oleh para ahli justru dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu bau mulut.

"Semua orang mengira bahwa kopi menyebabkan nafas bau," ujar Mel Rosenberg, seorang spesialis nafas dari Tel Aviv University seperti dikutip dari LiveScience, Senin (12/10/2009).

"Tapi itu juga tidak salah. Kopi memang memiliki efek dehidrasi bagi mulut, dan akan semakin terasa ketika tercampur dengan susu. Bila campuran tersebut didiamkan, akan terjadi fermentasi dalam mulut yang akan menyebabkan nafas bau," jelas Rosenberg.

Namun efek itu hanya salah satu efek kopi saja. Efek lainnya yang ditemukan peneliti justru berlawanan, yaitu kopi bisa menghilangkan bau mulut. Kok bisa?

Rosenberg dan rekannya mencoba menganalisis bakteri yang memproduksi bau mulut pada air liur responden setelah mengonsumsi kopi. Berbeda dengan prediksi sebelumnya, peneliti justru menemukan komponen dalam kopi yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan bau mulut. Komponen yang belum diketahui namanya itu justru menghambat pertumbuhan bakteri penyebab nafas tak sedap di mulut.

Akhirnya Rosenberg pun mencoba mengisolasi komponen penghambat (anti) bakteri tersebut untuk diteliti lebih lanjut.

Dalam pertemuan The International Society for Breath Odor Research di Jerman, Rosenberg mengatakan bahwa penemuan tersebut bisa dijadikan acuan oleh para pelaku industri mouthwash (pencuci mulut), permen mint dan permen karet untuk mengembangkan produk penghilang bau mulut.

"Yang bisa digunakan untuk industri-industri tersebut bukan kopinya, tapi komponen aktif dari ekstrak kopi tersebut yang masih kami teliti hingga saat ini," ujar Rosenberg.
 
Sumber:detikhealth.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail