Rabu, 14 Desember 2011

KECOCOKAN PICK-UP DENGAN MATERIAL BODY KAYU

Allowha kita beretemu kembali di artikel seputar gitar. Suatu ketika seorang teman bertanya kepada Saya, “Bos (panggilan akrab), gitarku sekarang suaranya gak matching lagi, kenapa ya?”. Saya sendiri pun bingung dengan pertanyaan seperti itu, akhirnya Saya balik bertanya untuk lebih memahami permasalahannya.” Emang apa yang sudah ente ganti dari gitar ente??”, Dia pun lantas menjelaskan bahwasannya pick-up gitarnya diganti (bertukar dengan teman sesama gitaris).


Ilustrasi diatas sedikit menggambarkan bahwa pick-up tidak asal saja terpasang pada sembarang kayu. Kita akan bahas ini berdasarkan pengalaman saja, pernah seorang teman menukar pick-up Seymour Duncan dari gitar superstrat yang bodinya dari kayu alder ke gitar RG-nya Ibanez yang bodinya dari kayu mahogany, dan ternyata pick-up Seymour Duncan (SH-13) lebih dapat mengeluarkan detail bunyi dan clarity yang lebih menawan dibandingkan ketika dipasang pada superstrat yang berbodi alder.
Penah juga ada teman yang ingin mencoba-coba mengkonfigurasikan pick-upnya dengan berbagai jenis kayu, waktu itu yang tersedia hanya gitar Kramer (body mahogany), Fender (body swamp ash) dan gitar berbodi dari kayu basswood. Pick-up yang dijadikan “percobaan” antara laian Seymour Duncan Custom-5 dengan Dimarzio Paf –Pro kemudian disiapkan alat rekam dan mulailah risetnya.

Hasilnya ternyata pick-up Dimarzio apabila dikonfigurasi dengan body dari kayu basswood, hampir sama sound dengan dimarzio pada kayu mahogany namun saat dipasang pada body basswood soundnya lebih open, yang lebih manis lagi ketika Seymour Duncan di”tanam” pada bodi mahogany, benar-benar hangat, clarity yang bagus dan detail bunyi treble yang lebih terasa.

Gambaran diatas tidak selamanya benar karena semua tergantung pada “sang jawara” untuk menentukan mana yang cocok untuk musiknya. Saya tidak mengatakan kalau pick-up A hanya cocok dengan gitar dengan bodi dari kayu A, semuanya tergantung pada selera dan keinginan hati plus perasaan sang gitaris, jadi ketika anda merasakan sound dari gitar anda tidak sesuai bukan berarti pick-up nya jelek mungkin juga pengaruh dari jenis kayu body gitar anda. Lebih baiknya anda banyak-banyak bertukar pikiran dengan sesama gitaris sehingga anda dapat menentukan konfigurasi mana yang cocok untuk gitar anda. Selamat bereksperiment

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail