Minggu, 11 Desember 2011

Jenis Jenis Paragraf


1.         Paragraf Deduktif
            Contoh:      Musim Kompetisi 2006/2007 belum juga berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru. Adalah Ederson Honorato yang brhasil didatangkan Juara Liga Italia musim lalu itu. Sebelumnya, penyerang asal Brasil itu memperkuat Nice. Ederson yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan berniat membawanya ke Stadion Sansiro, namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson.

2.         Paragraf Induktif
            Contoh:      Hari ini dia terlihat bijaksana sekali. Dengan berpakaian jas berwarna hitam, celana panjang berwarna hitam, kemeja berwarna putih, serta dasi yang dikenakannya. Tidak lupa sepatu berwarna hitamnya dan Tas kesayangannya yang dia bawa. Saat ia pergi, yang terbayang di benak saya adalah bagaimana cara dia bekerja keras untuk menghidupi kami. Bila dia sedang tidak ada, kami merasa kehilangan canda tawanya. Setelah dia pulang, terlihat lelah di wajahnya, namun semua itu dia lakukan dengan sangat ikhlas. Dialah ayah saya yang saya sangat cintai.

3.         Paragraf Deskriptif
            Contoh:      Awalnya, Pulau Jawa terapung-apung di samudra. Sepert sepotong gabus, ia dihempaskan gelombang, terlempar ke sana-sini. Agar pulau itu tetap bertahap di tempatnya, dibutuhkan sebuah paku untuk menancapkan ke bumi. Paku itu berupa Bukit Tidar yang terletak di Magelang.

4.         Paragraf Campuran (Deduktif & Induktif)
            Contoh:      Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak akan dapat hidup tanpa bantuan manusia lainnya. Dimanapun kita berada, dan aktivitas apapun yang kita lakukan pastinya membutuhkan manusia lainnya. Contohnya, dalam hal perdagangan, pembeli membutuhkan penjual, dan penjual membutuhkan pembeli. Dan di dalam hal pendidikan, kita mencari ilmu dengan perantara / bantuan manusia lainnya. Bayangkan? Bila kita hidup secara individualis, apa yang akan terjadi? Tentu saja kita tidak dapat menjalankan segala aktivitas. Oleh karena itu, kehadiran manusia di samping manusia yang lainnya merupakan hal yang sangat penting.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail