Senin, 12 Desember 2011

ASIO4ALL membantu mengatasi masalah latency atau delay saat rekaman


Banyak sekali email yang masuk tentang delay, nah saya coba rangkum dari inti pertanyaan yang masuk tadi kira2 bunyinya seperti ini: “klo pake soundcard onboard suaranya telat yah???” dan seperti ini: “Lho koq memakai software efek gitar telatnya beberapa detik ya?” pertanyaan yang sama masuk dengan inti yang sama. Walau bukan seorang musisi atau yang mengerti tentang perkembangan musik namun disini saya yang berperan sebagai penulis di blog gitarkeren.com ini mencoba untuk saling berbagi, sedikit pencerahan dari saya:

Latency atau delay adalah penundaan waktu yang singkat (biasanya diukur dalam milidetik) yang dibutuhkan untuk conversi antara data analog dan representasi digital. karena komputer hanya dapat memproses atau mengolah data digital, nah oleh karena itu data analog yang diterima pada mikrofon atau line-in input harus dikonversi menjadi data digital. Setelah pengolahan data, data harus diproses atau dikonversi kembali ke sinyal analog sebelum dapat menjadi output (terdengar) di speaker.
Sebagai contoh: saat rekaman, ketika anda sedang memetik gitar,  suara yang terdengar / yang keluar di speaker monitor telat beberapa mili second, atau lebih parah bisa dihitung dalam hitungan detik.
Mengganggu bukan?

Untuk yang menggunakan soundcard khusus recording mungkin tidak perlu was-was atau khawatir akan masalah latency. Karena biasanya soundcard tersebut pasti akan mempunyai driver (asio) khusus agar tidak mengalami masalah latency.
Lalu bagai mana bila soundcard yang kita pakai tidak memiliki driver (asio) khusus untuk rekaman?
Nah kita bisa memakai driver asio4all.
Apa itu asio?
Audio Stream Input / Output (ASIO) adalah driver soundcard komputer untuk audio digital yang ditemukan oleh Steinberg, menyediakan latency rendah dan interface yang tepat antara aplikasi perangkat lunak dan soundcard komputer. Sedangkan Microsoft DirectSound biasanya digunakan sebagai input dan output stereo untuk pengguna non-profesional, ASIO memungkinkan musisi dan sound engineering untuk proses audio mereka melalui software komputer Windows.
nah itu untuk asio, yang kita pakai adalah ASIO4ALL.
ASIO4ALL adalah driver yang mungkin paling dikenal di dunia audio recording, driver ASIO4ALL adalah driver yang performanya lebih baik dibandingkan dengan ASIO dari windows (ASIO multimedia). software driver ini compatible dengan soundcard onboard atau pun soundcard PCI/external yang memang driver bawaannya tidak stabil untuk digunakan dalam rekaman
Untuk mendownload asio4all anda bisa langsung di blog gitarkeren.com ini, Gratissssss.
Setelah mendownload anda tinggal menyeting di daw anda agar daw anda memakai driver ASIO4ALL tersebut.
Untuk yang memakai steinberg cubase (yang mungkin sama dengan steinberg nuendo):
-pertama anda harus membuka aplikasi cubase nya,
-pilih menu DEVICE
-setelah itu pilih DEVICE SETUP
-lalu pilih VST AUDIO SYSTEM
-lalu klik TAB DISAMPING ASIO DRIVER
-pilih ASIO4ALL V2
 
Untuk pemakai fruity loop / FL studio:
-pertama anda harus membuka aplikasi fruity loop / FL studio nya,
-pilih menu OPTION
-lalu pilih AUDIO SETTINGS
-lalu pada input / output pilih ASIO4ALL V2
Apabila sudah memakai driver asio4all namun masih mengalami masalah latency, anda harus menyeting buffer size nya pada asio4all. Tapi ingat, semakin kecil buffer size yang anda pilih, akan semakin memberatkan kinerja komputer anda.
 
Dan apabila anda masih merasa mengalami latency, berarti sudah waktunya anda saat ini membeli soundcard khusus untuk rekaman :D .
Ok langsung za, buat yang ingin mencoba langsung za donwload aplikasinya di gitarkeren.com ini.
Sudah tau atau sudah punya Software Efek Gitar di PC | Overloud TH1 ??? jika jawabannya belum, tunggu apalagi sedot ni.. KLIK DISINI

Selamat mencoba dan moga bermanfaat
Good luck.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail