Rabu, 25 Juli 2012

Cara Stem Gitar

   Pada materi pengetahuan, kami mengisi dengan materi seni musik. Yaitu cara men-stem/men-tuning gitar.

   Men-stem/men-tuning gitar bagi kita sangatlah penting, dan sangat fatal akibatnya jika gitar yang kita pakai senarnya tidak menghasilkan nada yang harmonis. Oleh karena itu dalam postingan ini kami ingin memberi tahu cara untuk men-stem gitar.

   Ada beberapa cara untuk men-stem gitar, yaitu dengan Tuner electronic, atau alat-alat lain dengan menyamakan nada instrumen piano atau keyboard. Akan tetapi jika sudah terbiasa, tehnik pen-stem-an dapat dilakukan menggunakan feeling.

Berikut cara-caranya :

1. Dengan Tuner Elektronik
   Tuner elektronik adalah alat yang membantu untuk men-stem gitar secara praktis, dan berbentuk elektrik. Sehingga dalam penggunaannya memerlukan daya listrik. Biasanya menggunakan batterai 9 volt, atau dengan Adapter DC 9 v.


   Cara penyetemannya ialah Volume gitar dibuka penuh, lalu petik sekali pada senar tersebut, stem hingga jarum atau lampu indikatornya menunjukkan pas di angka “440“. Pastikan posisinya harus tepat, kemudian seterusnya dilanjutkan sampai senar 6.


   Jika kita belum mempunyai tuner, kita juga bisa mencoba dengan alternatif lain. Misalnya, dengan menyamakan steman gitar kita dengan alat instrumen lain seperti piano, keyboard, biola, atau harmonika. Namun, pastikan dulu instrumen tersebut sudah diset dalam steman yang sudah standar.






2. Dengan Persamaan Senar
  Inilah cara old-school yang paling sering digunakan. Karena selain murah meriah, cara ini juga dapat mengasah feeling kita dalam men-stem gitar. Yaitu dengan menyamakan bunyi senar gitar pada fretboard dengan feeling pendengaran kita. Caranya ialah stem dahulu lepas senar 1 (open string) "E", dengan senar ke 2 fret 5, pastikan kedua senar ini sampai menghasilkan bunyi yg sama.
   Kemudian, stem lepas senar 2 "B", dengan senar ke 3 fret 4. Untuk senar ke 3 sampai ke 6 (yang paling atas, paling tebel) ulangi langkah seperti men-stem senar ke 1.


3. Dengan Menggunakan Situs Tuning Online
   Inilah cara paling akurat, namun cepat. Yaitu dengan membuka situs tuning, maka kita hanya tinggal menyamakan bunyi dari senar dengan tuner yg ada di Internet.
   Berikut adalah beberapa situs tuning gitar :
(http://www.gieson.com/Library/projects/utilities/tuner/)
(http://www.guitarforbeginners.com/onlinetuner.html)
(http://www.howtotuneaguitar.org/)
(http://www.all-guitar-chords.com/tuner.php)

Oke, kurang lebihnya begitulah cara men-stem gitar. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: http://smansa-12a1.blogspot.com/2011/07/pengetahuan-musik-cara-stem-gitar.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail