Kamis, 21 Juni 2012

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Apakah anda belum pernah investasi emas? Artikel berikut akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan investasi di logam berwarna kuning kemilau ini. Anda bisa melakukan Investasi Emas dalam berbagai ragam bentuk, mulai emas batangan, koin emas, tabungan emas, sertifikat emas, reksadana dengan underlying perusahaan pertambangan emas, dan bahkan bisa juga membeli kontrak berjangka komoditi emas. Di artikel ini akan coba diulas mengenai investasi dalam emas batangan, koin emas, dll dan memiliki bentuk fisiknya.

Apa Kelebihan Investasi Emas?
Nilai emas relatif stabil dari waktu ke waktu. Bahkan kecenderungannya adalah naek terus dan dianggap tidak terpengaruh oleh inflasi. Emas memang pernah mengalami penurunan lumayan dalam rentang waktu satu tahun ini yakni dari US$ 1900 menuju ke US$ 1500an per Oz, namun bila kita mengambil posisi investasi jangka panjang maka kenaikannya bisa berkali lipat.
Anda bisa saja berinvestasi di saham, reksadana, properti, obligasi ORI atau yang lainnya, tapi investasi emas bisa dijadikan sebagai alternatif investasi lain yang cukup mempunyai prospek bagus, terlebih lagi bila ekonomi dunia sedang tidak stabil Kenapa harga emas cenderung stabil dan bahkan naik karena komoditi emas di dunia tidak bisa bertambah tapi disisi lain permintaan masyarakat dunia semakin meningkat. Silahkan anda lihat sendiri harga emas 10 tahun lalu, dan bandingkan harganya dengan sekarang.
Keuntungan lainnya adalah karena harga emas juga dipatok dalam US dollar, jadi bila terjadi peningkatan nilai US dollar, maka kita pun bisa memperoleh dua keuntungan langsung yaitu dari kenaikan dollar dan juga kenaikan dari harga emas itu sendiri.
Kekurangan Investasi Emas
Namun walaupun investasi emas mempunyai beragam keuntungan, tapi juga memiliki sisi kekurangan mengenai masalah penyimpanan. Menyimpan beratus gram atau berkilo kilo emas dalam jumlah besar memiliki resiko cukup besar juga, yakni rumah kita jadi sasaran pencuri dan perampok. Belum lagi masalah perawatan, walau dibungkus protective cover, memungkinkan terjadinya oksidasi dan perubahan warna. Bila anda berinvestasi emas dalam bentuk koin, kalau jatuh, penyok, atau cuil, sulit untuk di-treatment ulang dan bisa mengurangi harga. Bilamana anda ber investasi emas, maka harus extra hati-hati dan memperhatikan dalam hal perawatan dan penyimpanan. Disamping itu, nilai emas adalah fluktuatif bisa naik bisa turun setiap saat. Jadi tidak disarankan untuk berinvestasi emas hanya dalam jangka pendek kurang dari 1 tahun.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail