Senin, 18 Juni 2012

Batam, Daerah Tujuan Wisata Mancanegara selain Bali

jembatan-barelang2
Bila bertemu dengan orang2 Bule di batam, coba Tanya..Kenal Bali..?, dia pasti menjawab Of course,..tapi bila kita Tanya orang-orang bule di Bali atau di daerah lain,..Kenal Batam.??, belum tentu memberi jawaban yg sama, bahkan akan menjawab..What.??.
Kenapa dunia luar selalu lebih familiar bali, bahkan orang2 luar (Bule) lebih mengenal bali daripada Indonesia itu sendiri. Yang sedihnya lagi mereka (bule) sering salah kaprah menganggap bahwa bali merupakan suatu Negara. Pengalaman ini pernah aku alami saat bertugas di Eropa, pada kesempatan senggang dimana salah satu clients ingin liburan ke Bali, dan bertanya Bali dengan Indonesia bertetangga ya..?? nah lho..
pantai-tanjung-pinggir-sekupang
Indonesia adalah negeri yang kaya. Selain kaya akan Alam, Indonesia juga kaya akan kemajemukan budaya dan bahasa. Selama ini (menurutku) Pemerintah Indonesia salah kaprah dalam mempromosikan budaya kita. Informasi dan promosi yang tak seimbang membuat kepincangan dalam perkembangan wisata kita. Indonesia identik dengan Bali atau Jawa, padahal Indonesia mempunyai daerah tujuan2 wisata lain yang juga baik.
batam-all1
Batam salah satu daerah yang mempunyai alam dan budaya yang bagus. Kita (Pemkot & warga Batam) dapat menjadikan Batam sebagai Daerah Tujuan Wisata mancanegara. Batam mempunyai daerah2 tujuan wisata yang menarik. batam juga mempunyai ragam budaya yang sangat apik.
Saat ini kehadiran orang-orang bule di batam mayoritas tujuan utama bukan untuk berlibur, justru (menurutku) saat ini kebanyakan mereka hadir dibatam karena profesi atau pekerjaan dan memang batam saat ini hanya dikenal sebagai daerah kawasan Industri.
melur_beach2
Orang2 bule liburan mencari kepuasan batin. Mereka mencari hal2 yang unik dan tidak pernah mereka temui. Selain budaya yang apik, batam telah mempunyai fasilitas yang tersedia seperti Hotel berbintang dengan layanan internasional. Untuk berbelanja Batam juga mempunyai Mall-mall yang megah. Jika mereka (bule) merindukan makanan khas mereka juga tersedia restoran2 dengan rasa yang khas. Apalagi kini di Tiban telah hadir JABLAI yang menjual spesialis makanan bule ala Indonesia.
visit-batam-2010
Kuncinya adalah Promosi dan Informasi. Pemerintah kota atau instansi terkait mengelola Daerah2 Wisata secara professional dan kita selaku warga menjaga dan merawat fasilitas-fasilitas yang sudah dibuat dan dibangun oleh pemerintah. Keamanan dan kebersihan patut kita jaga dan tingkatkan. Keramah tamahan perlu kita eratkan. Nothing Impossible, suatu saat Batam akan menjadi pembicaraan Dunia mancanegara, dan suatu saat bila kita Tanya orang2 bule, Kenal Batam?.akan menjawab Of course!!
http://yans.blogdetik.com/2009/04/06/batam-daerah-tujuan-wisata-mancanegara-selain-bali-kenapa-tidak/

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail