Rabu, 01 Februari 2012

NASA Temukan 26 Planet Asing


Perburuan planet Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali berbuah. Mereka menemukan 11 sistem keplanetan, dengan 26 planet di antaranya merupakan planet asing. Temuan ini hampir dua kali lipat jumlah planet yang ditemukan di luar tata surya kita oleh observatorium ruang angkasa Kepler.
“Sebelum misi Kepler, kami tahu mungkin ada 500 eksoplanet di angkasa luar,” kata Doug Hudgins, ilmuwan program Kepler di kantor pusat NASA di Washington, dalam sebuah pernyataan. “Sekarang hanya dalam dua tahun menatap sepetak langit tidak lebih besar dari kepalan tangan Anda, Kepler telah menemukan lebih dari 60 planet dan lebih dari 2.300 kandidat planet.”
Hal ini, kata Hudgins, memberi tahu kita bahwa galaksi tempat Bumi kita berada sarat dengan planet dari semua ukuran dan orbit.
Planet baru ini 1,5 kali radius Bumi dan lebih besar dari Jupiter. Sebanyak 15 dari 26 planet itu ukurannya setara Bumi hingga Neptunus. Semua planet mengorbit erat pada bintang induknya. Penelitian lanjutan akan dilakukan, kata peneliti itu, untuk menentukan planet yang berbatu seperti Bumi, dan yang tebal dengan gas atmosfer seperti Neptunus.
Namun semua orbit 26 planet baru itu lebih dekat dengan bintang-bintang mereka daripada dari Venus ke matahari. Ini berarti periode orbit mereka– atau waktu yang dibutuhkan bagi mereka untuk menyelesaikan satu putaran orbit di sekitar bintang–berkisar dari enam hari hingga 143 hari, menurut para peneliti.
Dengan mempelajari sistem planet yang berbeda, para ilmuwan dapat mengumpulkan informasi berharga tentang bagaimana planet terbentuk.

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/01/28/095380207/NASA-Temukan-26-Planet-Asing

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail