Kamis, 26 Januari 2012

Langkah Sederhana Mengurangi Resiko Kanker

<p>Your browser does not support iframes.</p>
Langkah Sederhana Mengurangi Resiko Kanker
Langkah-langkah sederhana di bawah ini sangat mudah diikuti untuk mengurangi resiko terjadinya kanker :

1. Don't Smoke
Alasannya sangat sederhana, merokok merupakan penyebab utama kematian akibat kanker. Jika anda merokok, baik menggunakan rokok biasa, tembakau, cerutu, menghisap rokok dengan pipa, maupun menggunakan tembakau tanpa asap sekalipun, berhentilah sekarang juga. Hindari asap rokok seakan-akan nyawa anda saat itu sedang dipertaruhkan.

2. Cover up
Paparan sinar matahari dapat memicu terjadinya kanker kulit. Gunakan sunscreen yang mengandung SPF 15, pakailah topi untuk melindungi dari terik matahari saat berada di luar ruangan. Kenakan juga pakaian yang berfungsi menutupi tubuh dengan baik. Ada tren dunia fashion yang intinya adalah sengaja membuat kulit menjadi kecoklatan dengan berjemur di bawah matahari (tanning), hindarilah hal tersebut.

3. Watch What You Drink
Pilihlah hanya air putih kalau anda sedang haus. Kecuali kalau anda harus melakukan pekerjaan yang keras dalam waktu lama di cuaca terik, anda dapat mengkombinasikannya dengan variasi minuman lain atau makanan yang mengandung garam agar level sodium dalam tubuh tetap stabil.

4. Cut the Fat
Lemak yang dimasukkan dalam tubuh kita hanya boleh paling banyak sebesar 30% atau kurang dari jumlah total kalori harian yang kita peroleh dari makanan setiap harinya. Diet tinggi lemak dapat memicu resiko terjadinya berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker kolon.

5. Eat Your Vegetables
Mengkonsumsi sayur-sayuran sebanyak 5 porsi sehari akan sangat baik untuk menyumbangkan berbagai jenis vitamin A, C dan E sebagai antioksidan dan berbagai butrisi lainnya yang sangat bermanfaat sebagai agen anti kanker bagi tubuh. Sayur-sayuran yang terbaik adalah sayuran yang berwarna hijau gelap ataupun berwarna kuning dan oranye.

6. Fiber
Serat dari makanan dapat mencegah kanker kolon. Konsumsilah makanan seperti kacang-kacangan, wholegrain, sayur serta buah-buahan sebanyak 6 porsi sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sumber : Health Magazine

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail