Rabu, 27 Februari 2013

Menang Kontes Foto Nat Geo Lalu Didiskualifikasi 72 Jam Kemudian

Perumpamaannya seperti ini, seorang atlet memenangi medali emas olympiade, lalu beberapa saat kemudian medalinya dicabut karena dia ketahuan melanggar aturan. Fotografer Herry Fisch mengalami kejadian yang mirip seperti ini saat dia dinyatakan menjadi juara pertama dalam komtes foto National Geographic untuk kategori tempat dan traveling, namun dalam 72 jam berikutnya gelarnya kemudian di diskualifikasi.
Penyebab Herry didiskualifikasi? Herry menggunakan cloning tool di photoshop untuk menghilangkan sampah plastik yang ada di bagian kanan fotonya. Lihat dua foto dibawah ini, yang diatas adalah foto asli sementara foto dibawah adalah foto dengan cloning tool.
National Geographic Contest Harry Fisch original
National Geographic Contest Harry Fisch

Aturan kontes secara spesifik menyebutkan bahwa pengolahan foto yang diijinkan hanyalah burning (mempergelap) dan dodging (membuat lebih terang), sementara menghilangkan obyek tertentu secara tegas dilarang.
Sebenarnya ada dua skenario yang bisa dilakukan Herry untuk menghilangkan sampah tersebut tanpa melanggar aturan kontes:
  1. Menggunakan crop untuk memotong foto sehingga sampah tersebut ikut terpotong
  2. Melakukan burning ke sampah sehingga menjadi tidak terlihat dan bukan menggunakan cloning.
Dalam email kepada Herry, editor National Geographic secara jelas mengatakan, “Sayangnya anda tidak mengkrop sampah tersebut, atau malah membiarkannya, karena sebenarnya sampah tersebut tidak memberi efek apa-apa.”
Nasi sudah menjadi bubur. Yang jelas pelajaran yang harus selalu diingat adalah, baca dan ketahui aturan sebuah kontes foto lalu patuhi, apalagi jika kontes foto yang anda ikuti cukup prestisius seperti ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail