Selasa, 26 Februari 2013

Memberikan Ruang Kosong Pada Subyek Gerak - Komposisi

Komposisi Fotografi - Beberapa waktu lalu InFotografi memberikan tips bagaimana kita melakukan komposisi fotografi dengan memberikan "ruang kosong" dalam frame pada foto subyek yang sedang bergerak, atau yang sering disebut dengan "Active Space". Hal ini dilakukan untuk memberikan keseimbangan dalam foto dan memberikan jawaban kepada penikmat foto atas pertanyaan "dimana subyek akan pergi atau bergerak?"

Red Bull Air Race

Bagaimanapun aturan dibuat untuk dilanggar dan setiap aturan memiliki celah dimana kita bisa melanggarnya dengan hasil yang lebih bagus ataupun efektif.

1. Subyek yang bergerak dan meninggalkan "sesuatu"

Saat yang paling ideal untuk melanggar serta mematahkan aturan diatas adalah ketika subyek bergerak dan meninggalkan sesuatu atau jejak. Beberapa subyek yang bergerak meninggalkan jejak dibelakang mereka yang bisa dijadikan focal point yang layak untuk dimasukkan ke dalam frame foto kita. Sebagai contoh: air yang terbelah dibelakang peselancar air, asap pesawat terbang atau jet yang membelah langit biru, asap atau debu dari mobil rally, dan lain-lain.
Superman
Air Show

2. Menggambarkan kecepatan

Sobat mungkin bisa juga melanggar aturan tersebut ketika ingin menggambarkan atau menonjolkan sisi kecepatan subyek, dengan menempatkan subyek tersebut ditepian frame. Dengan cara ini Sobat bisa menggambarkan pada penikmat foto bahwa subyek bergerak cepat sehingga susah untuk mengejarnya. 
Running through strings

3. Menunjukkan perjalanan

Alasan terakhir ini dirasa juga tepat untuk melanggar aturan, yaitu ketika Sobat ingin memvisualisasikan sebuah perjalanan dimana subyek sudah berada di tujuannya dan bukannya kemana mereka akan pergi.

Journey...

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail