Sabtu, 18 Mei 2013

Hindari Asal Jepret Ketika Memotret!

Teknik Fotografi - Menghasilkan karya fotografi yang bagus tidak lepas dari perencanaan bukan? Tidak peduli hal teknis apa yang Sobat gunakan, entah itu menggunakan mode manual ataupun mode otomatis. Sobat perlu untuk berpikir tentang apa yang akan kalian potret, sebelum mengatur Aperuture atau shutter speed yang akan digunakan. Jika saat ini Sobat masih mengacuhkan perencanaan atau konsep, maka Kami sarankan untuk berhenti sejenak! Baca Lima hal yang kami tulis dibawah ini: 
think!



Berpikirlah Sebelum Memotret - Think Before You Shoot


Sobat setidaknya harus memvisualisasikan moment yang ingin kalian capture, sebelum benar-benar memotret. Setelah kalian menggambarkan  apa yang ingin kalian potret, berpikirlah bagaimana menuangkannya dalam sebuah frame! Jadi pada intinya, setiap kali Sobat mengangkat kamera dan hendak memotret, berhentilah sejenak, Pikirkan, pertimbangkan ulang, dan mulailah memotret!

Foto bewarna atau hitam putih?

Kita hidup di dunia yang penuh warna bukan? Begitu banyak warna yang ada di sekitar kita. Tetapi dalam fotografi kita tetap memiliki pilihan. Banyaknya tone warna yang terekam dalam kamera tergantung pada nilai saturasi yang Sobat atur di kamera. Apakah sobat ingin banyak variasi tone  dalam satu warna? atau Sobat malah ingin menghilangkannya dan membuat sebuah karya hitam putih.

Pertimbangkan kontras

Cahaya yang kuat bisa membantu kita dalam mebuat foto yang memilikih kontras tinggi, tetapi di lain sisi cahaya yang lembut serta menyebar dengan rata selalu menawarkan hasil gambar yang memiliki sense tersendiri karena memiliki kontras rendah. Jadi pengaturan kontras yang ada di kamera bisa digunakan untuk menghasilkan karya dengan mood tertentu.

Manfaatkan White Balance

Setiap sumber cahaya tentu memiliki karakter warna tertentu, dan itu akan memberikan dampak pada foto kita. Pengaturan Preset pada white balance bisa membantu kita mendapatkan warna yang pas di hampir semua kondisi pencahayaan. Sobat juga bisa memanfaatkan white balance untuk mendapatkan warna yang berkarakter "dingin" atau hangat bagi foto-foto kalian, ini semua tergantung dari kreatifitas kalian.

Apakah Sobat butuh untuk menambah exposure?

Apakah Sobat butuh foto lebih terang? overexpose! Apakah Sobat ingin menghindari foto-foto yang Blow-out? Underexpose. Jangan selalu terpaku pada metering otomatis kamera! Lakukan ujicoba dengan menggunakan beragam exposure, entah itu menurunkan atau menaikkan exposure sebanyak satu - dua stop.

Lakukan langkah-langkan diatas setiap kali Sobat memotret! Semua itu akan menjadi kebiasaan dan pastinya bisa membantu Sobat untuk menghasilkan Foto Hebat!!! Jika Sobat masih belum yakin dan percaya diri dalam hal mendapatkan exposure yang diinginkan, maka lakukan dengan cara aman! :) Memotretlah dengan menggunakan format RAW dan gunakan fitur Auto Exposure Bracketing (AEB), sehingga Sobat memiliki banyak pilihan pada saat post-produksi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail