Sabtu, 27 April 2013

Persiapkan Diri Sebelum Memotret Pernikahan

Tips Fotografi - Diantara sobat infotografi pasti banyak yang sering memotret atau mendokumentasikan acara pernikahan, yang jadi pembahasan kali ini adalah apa sih yang sobat siapkan pada malam sebelum acara sakral tersebut? tentu berkaitan dengan perangkat fotografi yang akan digunakan besoknya :) Jangan sampai aktifitas memotret tersebut kacau balau dan kalian kehilangan banyak momen berharga hanya karena Sobat kurang mempersiapkan diri. Berikut adalah beberapa hal yang setidaknya perlu untuk dipersiapkan bagi fotografer sebelum memotret acara pernikahan.
ring / yüzük
1. Hubungi pasangan pernikahan atau pengantin perempuan dan konfirmasikan semua detail yang telah dibahas ketika mendiskusikan foto seperti apa yang mereka inginkan, dan tentu item-item tersebut harus dicatat sedetail mungkin. Konfirmasikan kembali kapan dan dimana kalian akan bertemu, tapi ingat! jangan bertanya terlalu banyak pada mereka, karena tentu saja mereka dalam kondisi sibuk mempersiapkan segalanya.

2. Periksa kembali daftar atau check list kalian dan pastikan semua telah dipersiapkan. Pasangan pengantin beserta keluarganya tentu tidak akan menunggu jika kalian masih berlari-lari ke toserba terdekat hanya untuk membeli baterai AAA. Ada beberapa hal yang fotografer biasa lupakan:
  • Kontrak pemotretan yang telah ditanda-tangani. sewaktu-waktu kalian membutuhkannya loh.. :)
  • Cemilan dan air minum.
  • Kamera cadangan, jika tidak punya cobalah meminjam teman keluarga atau menyewanya.
3. Charge atau isi ulang baterai dan kemas juga charger tersebut. Tidak ada yang lebih baik dibandingkan "sedia payung sebelum hujan". Isi ulang semua baterai termasuk flash walaupun masih ada isinya atau tidak. lebih baik untuk tidak bongkar-bongkar tas sementar pengantin sudah mulai acara sakralnya bukan?

4. Coba bayangkan apa yang akan anda lalui saat pemotretan esok hari, termasuk bagaimana melakukan pendekatan pada orang-orang yang berwenang di gedung atau tempat pernikahan. Apa yang bisa dan tidak boleh dilakukan saat memotret di tempat tersebut, terkadang tempat peribadatan memiliki kebijakan serta aturan tersendiri. Bayangkan juga bagaimana meng-handle anggota keluarga yang menolak untuk difoto, tentu itu bisa mengacaukan agenda foto kalian bukan? Apa yang harus Sobat katakan? Apa yang kalian rasakan, memang sih terdengar sepele. tapi ini sering terjadi.

5. Lihat perkiraan cuaca esok hari. Negara kita saat ini memiliki cuaca yang terkadang tidak menentu. Cobalah merencanakan untuk mengantisipasi bagaimana Sobat menangani cuaca yang tidak diinginkan dan berpotensi mengacaukan pemotretan.

6. Rencanakan juga pakaian yang akan Sobat pakai. Hitam adalah warna yang cukup aman. Terkesan profesional dan bersahaja. Jangan memakai sepatu yang bisa mengeluarkan bunyi berdecit ketika berjalan di atas lanta. Bagi fotografer wanita jangan memakai gaun kecuali kalian memakai legging, Sobat tentu tidak ingin kebingungan ketika memotret dengan posisi jongkon bukan?

7. Carilah insipirasi! Taruhlah beberapa foto pernikahan favorit kalian di handphone! itu bisa menjadi contekan ketika kalian lupa atau kehilangan ide-ide memotret.

So.. persiapkan diri kalian dan buatlah foto-foto yang selalu dikenang oleh pasangan penganti seumur hidupnya..

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail