Jumat, 16 Maret 2012

Berlebihan Konsumsi Suplemen Vitamin E Lemahkan Tulang


image
VITAMIN E mendapat julukan sebagai vitamin anti-penuaan. Namun sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, seperti dilansir laman dailymail.com menyatakan, mengkonsumsi vitamin E berlebihan justru dapat membuat kekuatan tulang menua dan rapuh sebelum waktunya.
Hasil itu didapat dari studi terhadap efek alfa-tokoferol hewan tikus yang diberi diet suplemen vitamin E. Setelah delapan minggu, para ilmuwan mengemukan, popularitas tulang hewan tersebut melemah hingga 20 persen, dibandingkan mereka mendapatkan asupan vitamin E melalui diet normal.
Vitamin yang dapat memerangi penuaan dari dalam ini, bisa ditemukan dalam sereal, kacang-kacangan, minyak zaitun dan kuning telur. Vitamin E juga dapat memangkas risiko penyakit jantung, kanker dan katarak, serta membantu menjaga ketajaman pikiran di usia tua dan mempertahankan kelenturan kulit.
Konsumsi suplemen vitamin E banyak setiap hari dilakukan oleh jutaan penduduk Inggris. Sementara di AS, lebih dari satu dari sepuluh orang dewasa mengkonsumsi tablet ini.
Profesor Helen MacDonald, penasihat Society National Osteoporosis, mengatakan, "Ada tidak perlu khawatir jika Anda memperoleh banyak vitamin E dari makanan Anda, tetapi mereka yang meminum dosis tinggi nutrisi ini melalui suplemen perlu waspada."
"Anda harus ingat penelitian ini dilakukan pada hewan dan temuan pada manusia bisa sangat berbeda. Tapi penelitian lebih lanjut diperlukan," tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail