Rabu, 14 Maret 2012

Benarkah Musik Mozart Mampu Tingkatkan Kecerdasan?

JAKARTA--Musik klasik hasil ciptaan komposer legendari Mozart banyak diyakini dapat mendongkrak kecerdasan. Namun, hal itu dibantah oleh sebuah hasil riset yang dilaporkan Universitas Wina.

Disebutkan dalam laporan itu, kecerdasan individu yang mendengarkan Mozart di suasana hening tidak berbeda jauh dengan individu yang mendengarkan musik klasik sekaliber Bach atau Pearl Jam sekalipun.


Kesimpulan itu tentu mengejutkan, pasalnya sebagian masyarakat berkeyakinan mendengarkan Mozart mampu meningkatkan kecerdasan seseorang. Pemimpin Riset, Jacob Pietsching mengatakan individu yang mendengarkan musik diluar Mozart ternyata memiliki hasil tes yang lebih baik ketimbang individu yang mendengarkan mozart.

"Saya sarankan semua orang mendengarkan Mozart, tapi jangan harap dapat meningkatkan kemampuan kognitif," tambahnya seperti dikutip dari Telegraph, belum lama ini.

Sebelumnya, riset yang digagas University of California dan berlangsung tahun 1993 dengan melibatkan sejumlah remaja yang gemar mendengarkan mozart 1871 Sonata D mayor dengan dua piano. Tercatat rata-rata remaja yang mendengarkan musik klasik memiliki kemampuan nalar lebih baik ketimbang orang dewasa yang mendengarkan musik lain dalam sebuah ruang yang hening.

Kini, tim riset dari Universitas Wina Fakultas Psikologi telah menganalisis semua penelitian sejak tahun 1993 yang telah berusaha mengetahui efek Mozart dan menemukan tidak adanya bukti dari fenomena itu.

Banyaknya perdebatan terkait manfaat musik klasik memang memakan waktu lama. Dar.i 40 riset yang melibatkan 3.000 individu, tak satupun yang mampu memuaskan masyarakat


Red: Ririn Sjafriani
Sumber:RepublikaOnline

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail