Rabu, 14 Maret 2012

Balita Yang Susah Makan


Balita Ibu bisa saja menolak makanan yang sudah menjadi andalan Ibu. Ia kini mulai pilih-pilih makanan. Karena itu, variasi makan dibutuhkan untuk mencegah anak bosan.
Diperkirakan setengah dari semua balita rewel saat makan. Hal ini wajar - dan Ibu tidak sendirian! Tips ini mungkin dapat membantu Ibu melampaui 'masa masa percobaan' ini! 


Beberapa tips agar anak tak rewel saat makan 
  • Atur pemberian makan balita Ibu sesuai waktu makan ketika mereka merasa lapar. Pola alami akan berkembang dan Ibu dapat mulai mengatur rutinitas.
  • Biarkan balita Ibu makan makan sendiri dan jangan memaksanya sampai piringnya bersih karena akan menjadi tekanan dan bisa mengurangi selera makannya hingga menjadi rewel.
  • Jika balita Ibu menolak makanan, jangan menyerah. Ibu dapat memperkenalkannya lagi dalam beberapa hari. Beberapa makanan baru perlu dicoba sampai 15 kali sebelum dapat diterima.
  • Buat susana makan yang tenang atau sambil memutar musik riang. Jangan menyalakan TV, karena membuat balita Ibu tidak konsentrasi saat makan.
  • Selalu berikan porsi kecil dengan bentuk menarik sebagai permulaan dan berikan sedikit tambahan jika mereka masih lapar.
  • Bila balita Ibu tidak suka sayur, siasati dengan ‘sayur tersembunyi’ seperti parutan wortel atau bayam cincang dalam adonan perkedel. Atau ganti dengan memberikan buah dalam menu mereka.
  • Usahakan makan bersama keluarga. Meskipun setiap balita berbeda, beberapa balita menirukan perilaku orang lain. Jadi jika Ibu menikmati makanan yang menyehatkan, balita Ibu dapat melihat dan belajar dari apa yang Ibu lakukan.
  • Berikan penghargaan ketika mereka menghabiskan makannya. Jangan lupa, perhatiikan atau bicarakan makanan lain apa yang disukai.
Yang paling penting adalah berusaha sabar! Selera makan balita Ibu mungkin nampak berubah dari hari ke hari, tetapi pertahankan menu seimbang untuk mereka.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail