Senin, 19 Maret 2012

Astronom Temukan Planet Dengan 2 Matahari



Bagi penggemar film Star Wars Saga tentu ingat dengan pemandangan di Planet Tatooine di film Star Wars yang mempunyai dua matahari. Di dunia nyata ternyata planet tersebut benar-benar nyata.

Para astronom mengatakan planet, bernama Kepler-16b, berhasil ditemukan dengan keunikan mempunyai dua matahari kembar. Planet yang terletak sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa yang mirip dengan Saturnus.

Dan ditemukan saat para astronom itu sedang mengamati ketika pesawat NASA Kepler sedang melintas di depan matahari kembar. Demikian yang dilansir Guardian, Jumat (16/9/2011).

Suhu di planet Kepler-16 itu sendiri berkisar dari -70C ke -100C. Suhu yang dingin membuat yang dimungkinkan karena meski memiliki dua matahari, ukuran kedua bintang induk tersebut jauh lebih kecil dibanding Matahari kita dan memancarkan energi yang lebih kecil.

Alan Boss, seorang peneliti di Carnegie Institution for Science di Washington DC dan anggota tim yang menemukan Kepler-16b, berkata: "Anda tidak akan mendapatkan cahaya matahari konstan karena dua bintang begitu dekat bersama-sama."

"Mereka akan datang bersama-sama dalam sebuah gerhana setiap 20,5 hari dan kemudian bergerak terpisah lagi Seperti pemisahan mereka meningkat, mereka akan turun pada waktu yang berbeda," tambahnya.

Boss lebih optimis tentang Kepler-16b, meskipun tidak mungkin dihuni. "Penemuan ini menakjubkan. Sekali lagi, Apa yang digunakan untuk menjadi fiksi ilmiah telah berubah menjadi kenyataan," katanya.

(Sumber: http://techno.okezone.com/read/2011/09/16/56/503478/ditemukan-planet-dengan-2-matahari )

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Updates Via E-Mail